Tips Memilih Pengacara

Diperlukan kehati-hatian dalam memilih Advokat ( Pengacara ) untuk menangani perkara hukum anda. Kesalahan dalam memilih advokat bisa menimbulkan banyak kerugian dan menambah beban masalah yang semakin berat .

Berikut beberapa tips untuk memilih Pengacara yang baik :

Berikut beberapa tips singkat untuk memilih Pengacara yang baik

  1. Pastikan bahwa Pengacara tersebut benar-benar merupakan Pengacara Resmi yang memiliki izi Praktek yang masih berlaku, bukan pengacara “gadungan” atau “Pokrol”.
  2. Anda juga harus mengetahui dengan pasti alamat kantor / rumahnya, bila perlu cek / datangi kantornya untuk memastikan keberadaannya. Hal ini untuk menghindari modus penipuan oleh oknum pengacara jalanan atau  pengacara gadungan yang tidak bertanggung jawab.
  3. Pastikan bahwa pengacara tersebut memiliki kwalifikasi yang baik dalam bidang hukum tersebut.
  4. Pastikan bahwa pengacara tersebut tidak memiliki konflik kepentingan (conflict of interest) dengan kasus yang ditangani.
  5. Pastikan bahwa Pengacara tsb memiliki “track record” yang baik dalam dalam profesinya, khususnya menyangkut etika, moral dan kejujurannya.
  6. Pastikan bahwa Pengacara tsb adalah type pekerja keras dan berdedikasi tinggi akan profesinya serta benar bekerja demi kepentingan kliennya.
  7. Apabila Anda diperlakukan tidak sepatutnya oleh oknum Pengacara, maka Anda dapat melaporkan yang bersangkutan ke Dewan Kehormatan Profesi Advokat.